Monday, September 24, 2012

Sistem Operasi Berbasis GUI

Setelah di salah satu post saya menjelaskan secara singkat sistem operasi berbasis teks yaitu DOS (Disk Operating System), kali ini saya akan menjelaskan tentang sistem operasi berbasis GUI (Graphical User Interface). Pada sistem opersi ini user dimudahkan pengoperasiannya melalui gambar atau simbol-simbol maka tidak jarang sistem operasi ini disebut “User Friendly” karena kemudahannya untuk dioperasikan oleh user.
GUI pertama kali dikembangkan oleh para peneliti di Xerox Palo Alto Research Center (PARC) di tahun 70-an. Komputer pribadi pertama yang menggunakan antarmuka pengguna grafis modern adalah Xerox Alto, yang dikembangkan pada tahun 1973.Sistem ini juga bukan sebagai produk komersial dan dimaksudkan terutama untuk penelitian di universitas. Kemudian setelah itu Sistem operasi berbasis GUI mulai berkembang dengan ditandai banyak nya Sistem operasi berbasis GUI yang muncul. Beberapa contoh sistem operasi berbasis GUI : Windows 7, Mac OS X, Linux Fedora Core.

 
- Kelebihan : User dimudahkan dengan pengoperasiannya, lebih banyak aplikasi yang dapat digunakan, dapat melakukan multi tasking, tampilan lebih bagus dibandingkan DOS.

- Kekurangan : Harganya relatif mahal, keamanan lebih rentan.

Sekian postingan dari saya maaf jika masih banyak kekurangan maklum masih banyak harus belajar :)

No comments:

Post a Comment